2 Ombak Di Mentawai Jadi Terbaik Di Dunia





Ombak adalah daya tarik dari Mentawai, Sumatera Barat. Tahukah Anda, 2 dari 72 spot surfing di sana disebut-sebut sebagai yang terbaik di dunia. Turis mancanegara pun berlomba-lomba untuk menaklukannya!

"Meski tidak seperti Hawaii, Mentawai tempatnya bukan main indahnya," kata Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, dalam jumpa pers Mentawai International Pro Surf Competition 2013 di Gd Sapta Pesona Lt 17, Jl Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (11/4/2013).

Ya, Mentawai adalah surganya bagi para peselancar atau surfer. Selain traveler dari tiap daerah di Indonesia, turis mancanegara juga datang ke sini dan ingin merasakan sensasinya. Tak heran, ombak di Mentawai disebut sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

"Dari 71 spot surfing 2 di antaranya masuk dalam 10 ombak terbaik di dunia versi Surfer Magazine," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Mentawai, Desti Seminora.

Dua ombak tersebut adalah Spot Lances Right di Katiet dan Spot Macaronies di Silabu. Keunggulan dua tempat ini ada pada ombaknya yang memiliki barel atau terowongan ombak yang konsisten.

Hampir semua ombak di mentawai punya barel. Ada yang berbentuk ular, lapis-lapis, teropong dan lain-lain. "Bahkan ada juga ombak terpanjang di dunia, Refuse. Panjang ombaknya 100 meter dan hanya ada di Mentawai," ujar Desti.

Puas bermain dengan ombak, jangan lupa untuk menjelajahi tiap sudut Mentawai. Anda bisa mengunjungi danau, sungai, dan air terjun di sana. Mentawai juga punya 33 area diving dan 38 lokasi pemacingan lho! "Untuk akomodasi juga susah ada 14 hotel resor berstandar internasional," tutup Irwan Prayitno.

Follow On Twitter