5 Biangnya Si Perusak Gigi



Sakit gigi, gusi bengkak, gigi berlubang, warna gigi kekuningan dan bau mulut adalah masalah kesehatan yang kerap dihadapi oleh semua orang. Masalah pada gigi bukan hanya dapat disebabkan karena jarang menggosok gigi saja, tetapi juga dapat disebabkan karena konsumsi makanan tertentu.

5 Biangnya Si Perusak Gigi [ www.BlogApaAja.com ]

Seperti dilansir

readerdigest, Selasa (2/10/2012) berikut 5 daftar makanan yang dapat merusak gigi:

1. Permen padat







Permen yang keras atau sirup obat batuk memiliki efek demineralisasi, dimana gula dalam permen dapat menempati satu area dalam mulut dalam waktu yang cukup lama dan berpotensi menyebabkan mulut bersifat asam.

Mulut yang bersifat asam merupakan tempat tinggal yang ideal bagi bakteri perusak gigi. Oleh karena itu, kurangi makan permen dan gosok gigi Anda setelahnya untuk menetralkan mulut. Jika Anda mengambil sirup obat batuk, pilihlah yang bebas gula agar tidak merusak gigi.

2. Makanan lengket





Makanan lengket seperti permen atau kue yang terbuat dari pati kanji dapat menempel di gigi dan menyebabkan asam di mulut. Sayangnya air liur saja tidak mampu menetralkan asam, sehingga bakteri akan segera berkembang mulut dan merusak gigi. Segeralah menggosok gigi setelah makan makanan lengket untuk mencegah kerusakan gigi.

3. Minuman olahraga



Minuman olahraga biasanya berupa cairan yang sedikit kental, manis, dan tinggi karbohidrat. Hal ini bukan hanya membuat mulut bersifat asam tetapi cairan kental juga dapat menempel pada gigi untuk jangka waktu yang lama. Minuman yang terbaik untuk gigi adalah air putih biasa yang tidak mengandung gula sama sekali.

4. Jeruk nipis



Tidak hanya makanan manis, makanan dengan rasa masam pun dapat merusak gigi. Menghisap atau mengunyah makanan masam seperti lemon pada waktu yang cukup lama, dapat menyebabkan demineralisasi enamel.

5. Soda



Soda adalah minuman dengan kadar gula tinggi, sehingga dapat merusak gigi. Berkumurlah setelah minum soda atau minum air putih sesudahnya untuk menetralkan asam di mulut. Gunakan sedotan ketika minum soda agar cairan tidak terlalu lama bersinggungan dengan gigi.

Follow On Twitter